Apa Itu SSO, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Kalian pasti pernah dong ya meski sekali saja, lupa username dan password saking banyaknya patform yang dipakai? Bagaimana rasanya? Rempong kan? Santuy, ada solusi atas permasalahan tersebut, namanya SSO! Bentar deh, ada yang masih belum paham nih sepertinya dengan istilah SSO. Kalem, langsung sinak sampai kelar saja yuk Apa Itu SSO, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Apa Itu SSO? 

Single Sign On atau SSO adalah solusi autentikasi yang memungkinkan user masuk ke berbagai aplikasi maupun website menggunakan satu kredensial atau satu pintu masuk. Nah, tujuan dari SSO adalah meningkatkan kenyamanan pengguna serta efisiensi manajemen kredensial username dan password

SSO bekerja dengan cara memberikan kredensial user saat user telah login ke aplikasi penyedia SSO, seperti Facebook atau Gmail. Setelah autentikasi berhasil, selanjutnya sistem akan menghasilkan token yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi lain tanpa harus login ulang. 

Jadi, cukup dengan memilih opsi SSO yang tersedia, kalian dapat login ke sebuah sistem tanpa perlu login ulang.

Manfaat SSO 

Berikut ini beberapa manfaat dari SSO: 

  1. Sederhana dan Menghemat Waktu 

SSO juga dapat meringankan beban administrator TI dalam suatu perusahaan, loh. Why? Dengan SSO maka saat kontrak kerja karyawan diputus, ia tak bisa lagi mengakses akun perusahaannya. Hasilnya, admin akan menghemat waktu. 

  1. Keamanan User Terjamin 

Fokus mendasar dari SSO adalah keamanan, khususnya dalam aspek identitas. Komitmen ini dibuktikan dengan adanya sistem yang mendukung Two-Factor Authentication (2FA). Sehingga, user harus melakukan dua kali verifikasi. Oia, SSO juga menggunakan multi factor authentication (MFA) yang mana user tak hanya wajib melakukan verifikasi ganda tetapi juga bisa lebih dari dua kali. 

  1. Tidak Perlu Mengingat Banyak Password

SSO adalah teknologi yang membuat login menjadi lebih praktis. Sebab, pengguna tidak perlu memakai kredensial terpisah untuk beberapa akun. 

  1. Akses Mudah 

Kalian pernah punya pemikiran kah bahwa menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan dapat meningkatkan potensi aplikasi bermasalah bahkan gangguan virus? Dengan SSO, semua karyawan atau stakeholders dapat mengakses aplikasi secara mudah dan cepat.

Cara Kerja SSO 

SSO adalah sistem yang mengelola identitas atau akun pengguna agar dapat dimanfaatkan oleh “orang lain”. Dalam hal ini, maksud “orang lain” adalah pihak ketiga, yang biasanya merupakan platform media sosial seperti Instagram, Google, Facebook, dan lain-lain.

Meski pihak ketiga memperoleh informasi identitas kalian tetapi sistem SSO tidak akan memberikan akses lebih ke akun kalian, misalnya akses password. Nah, pihak yang berperan dalam proses login SSO adalah OAuth, yakni sebuah otorisasi terbuka atau komponen otorisasi terbuka. OAuth menawarkan izin akses supaya aplikasi pihak ketiga dapat mengakses data milik user melalui sistem berbasis token. 

Nantinya, token SSO akan disalurkan dari satu sistem ke sistem yang lain. Urutan cara kerja SSO adalah sebagai berikut: 

  • User memperoleh akses ke penyedia layanan, seperti website atau aplikasi pihak ketiga lain. 
  • Penyedia layanan mengirimkan token ke sistem penyedia identitas (SSO) untuk mengantarkan permintaan autentikasi pengguna. 
  • Penyedia identitas memeriksa autentikasi user. Jika sudah berhasil, user dapat mengakses penyedia layanan secara langsung. Jika belum, user akan diminta memberikan verifikasi berupa username, password, atau OTP. 
  • Setelah proses verifikasi selesai, penyedia identitas akan mengirimkan token ke penyedia layanan yang menunjukkan bahwa verifikasi telah berhasil. 
  • Penyedia layanan menerima token. 
  • User mendapatkan akses ke penyedia layanan.

Nah, bagaimana, kalian sudah pahamkah tentang istilah SSO? Jadi, kalian pribadi sudah pernah menerapkan SSO kah di platform kalian saat login

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment