Definisi Web Crawler

Web crawler adalah program dalam mesin pencari yang merayapi setiap halaman web di internet. Bentar deh, ada yang belum paham sama sekali dengan web crawler? Kalem, tenang, karena kali ini akan dibahas tentang Definisi Web Crawler, Fungsi, Cara Kerja, dan Keterkaitannya dengan SEO  

Definisi Web Crawler

Web crawler adalah sebuah program yang berfungsi untuk mengunjungi halaman-halaman yang ada di internet, membaca setiap kontennya, serta menyimpannya ke dalam indeks mesin pencari. Sehingga, saat pengguna mencari informasi tertentu, mesin pencari dapat menampilkan konten yang relevan dari database tersebut.

Nama lain web crawler adalah spider bot. Sebab, cara kerjanya menyerupai laba-laba yang merayap di jaringnya untuk mencari mangsa. Bedanya adalah web crawler merayapi jaringan web dari satu halaman ke halaman lainnya untuk memperbarui informasi dan mengindeks halaman.

Contoh web crawler dapat ditemui di hampir setiap search engine dengan nama yang berbeda-beda, antara lain:

  • Google – Googlebot desktop dan Googlebot Mobile
  • Bing – Bingbot
  • DuckDuckGo – DuckDuckBot
  • Yahoo – Slurp
  • Yandex – YandexBot
  • Baidu – Baiduspider
  • Exalead – ExaBot

Fungsi Web Crawler

Secara garis besar, fungsi web crawler adalah untuk mengindeks halaman-halaman di internet. Eitsss, program otomatis ini juga memiliki fungsi lain yang mencakup hal-hal di bawah ini:

1. Sumber data alat analitik

Web crawler menjadi sumber data yang dipakai oleh tools analitik, seperti Google Search Console, untuk mengumpulkan data dan mengindeks halaman. Data yang dimaksud mencakup informasi tentang trafik, perilaku pengguna, keyword yang sering dicari, dan masih banyak lagi. Alhasil, alat analitik dapat menyuguhkan data yang akurat dan terkini.

2. Membandingkan harga

FYI, web crawler mengumpulkan data dari setiap halaman di internet. Dengan merayapi halaman produk, e-commerce, atau situs sejenis lainnya, web crawler dapat mengetahui harga suatu produk dan menyediakan perbandingan yang akurat. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui harga produk tertentu tanpa harus masuk ke situs penjualnya. Keren, kan?

3. Sumber data untuk statistik

Anyway, web crawler juga menjadi sumber data untuk situs portal berita atau statistik. Program ini merayapi dan mengumpulkan informasi terkini tentang berbagai topik, seperti politik, ekonomi, olahraga, atau topik lainnya. Selanjutnya, diolah dan disajikan dalam bentuk laporan, grafik, atau tabel untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Cara Kerja Web Crawler

Internet merupakan ruang yang luas dengan berbagai macam informasi di dalamnya. Tentunya akan sangat sulit menemukan informasi di internet tanpa adanya pengindeksan yang dilakukan oleh web crawler.

Nah, di sinilah spider bot memainkan perannya. Web crawler bekerja dengan cara mengunjungi satu halaman tertentu lalu mengikuti hyperlink yang ada di halaman tersebut untuk mengunjungi halaman lainnya. Begitu pun seterusnya, hingga semua halaman di internet terjangkau oleh web crawler.

Nah, agar spider bot dapat mengindeks informasi dengan benar, program ini akan mengikuti algoritma mesin pencari yang mencakup hal-hal berikut ini:

  • Kepentingan dan relevansi konten: Umumnya, crawler akan merayapi website berdasarkan jumlah backlink, pengunjung, atau faktor lainnya yang menandakan jika konten website tersebut informatif.
  • Kunjungan berkala: Web crawler memastikan konten yang diindeks merupakan konten terbaru. Hal ini dilakukan dengan cara mengunjungi website aktif secara berkala untuk mengindeks setiap perubahan yang terjadi.
  • Mengikuti ketentuan robots.txt: Untuk menentukan halaman yang akan dikunjungi, spider bot biasanya mengecek file robots.txt (protokol pengecualian robot) terlebih dahulu untuk mengetahui halaman atau tautan mana saja yang bisa dirayapi.

Keterkaitan Web Crawler dengan SEO

Nah, keterkaitan antara web crawler dengan SEO, apa ya?

Dalam technical SEO, web crawler adalah salah satu alat penting karena berkaitan erat dengan indexing. Proses ini memungkinkan search engine seperti Google untuk memahami struktur dan isi halaman. Alhasil, konten dapat dilacak dan ditampilkan di hasil pencarian secara efektif dengan mempertimbangkan relevansi antara konten dan kata kunci yang ditulis oleh pengguna.

Tanpa web crawler, artinya website tidak akan dirayapi oleh spider bot. Hal ini bukanlah kabar baik loh karena website kemungkinan besar tidak akan muncul di halaman hasil pencarian atau SERP (Search Engine Result Page).

Penting untuk memastikan bahwa website kalian dirayapi oleh spider bot. Nah, beberapa cara agar website cepat terindeks Google adalah dengan membuat sitemap.xml, file robots.txt, memperbaiki internal linking, dan memperbarui konten secara berkala.

Nah, setelah menyimak artikel ini, bisa dikatakan bahwa dengan kalian memahami dan mengoptimalkan cara kerja web crawler, URL atau halaman pasti dapat terindeks dengan baik oleh mesin pencari. Apalagi jika dipadukan dengan teknik SEO advanced maka website bisa berpeluang lebih besar untuk memiliki peringkat tinggi. Pada gilirannya ya dapat meningkatkan visibilitas dan trafik organik.

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment