11+ Rekomendasi Tools AI untuk Coding yang Siap Membantumu sebagai Programmer

Siapa nih yang takut membuat rangkaian coding? Santuy, tak usah lagi membuat segala mulai dari nol berkat kehadiran berbagai tools AI coding. Okay, tak perlu lama-lama ya, langsung simak selengkapanya saja yuk mengenai 11+ Rekomendasi Tools AI untuk Coding yang Siap Membantumu sebagai Programmer

Rekomendasi Tools AI untuk Coding

Berikut ini beberapa rekomendasi AI coding yang bisa dipakai untuk membantu mengerjakan pemrograman:

OpenAI Codex

Meski cuma-cuma namun kualitas bukan ecek-ecek karena mampu memahami dan bekerja dengan sangat memuaskan untuk berbagai jenis bahasa pemorgraman, seperti  Python, JavaScript, Swift, dan lain-lain.

tools ai untuk coding

Bisa dibilang ia sepupu dari chat GPT versi GPT-3 tapi kualitasnya lebih bagus. Sebab, ia memiliki kelebihan untuk mengingat kode python sebesar 14 KB, 3 kali lipat dari apa yang GPT-3 bisa lakukan. 

GitHub Copilot

GitHub merupakan tools AI coding berbasis sistem penyimpanan cloud yang melakukan pengerjaan coding melalui software tambahan, seperti Visual Studio, Neovim, dan JetBrains. 

Berdasarkan testimoni orang-orang yang pernah memakai, tools ini secara umum cukup ramah karena mudah dipahami oleh para developer. Makanya, sangat layak dijadikan sebagai tools utama dalam mengerjakan tugas coding harian.

ChatGPT

ChatGPT boleh sekali dimanfaatkan sebagai basis dari AI coding

Ia layak masuk rekomendasi karena sifatnya fleksibel, baik untuk urusan menulis kode dari awal hinga selesai maupun untuk memperbaiki bug

Sayangnya, untuk versi gratis banyak keterbatasan pada akses fitur. Jika ingin mendapat versi optimalnya maka harus upgrade ke versi premium dengan melakukan langganan sekitar Rp 300.000,- perbulan. 

Tabnine

Tabnine akan menolong developer melakukan coding lebih cepat dan efisien. 

Kelebihannya semakin jozz karena tools ini juga memiliki banyak kompetensi lainnya, seperti : 

  • Dapat terintegrasi secara mulus dengan berbagai IDE yang populer.
  • Memiliki banyak basis kode, kode-kode yang open source, dan stack overflow  Q&A. Yang terakhir disebut berguna untuk menjawab pertanyaan, menghasilkan dan mendokumentasikan kode.  
  • Memiliki kecerdasan untuk tidak sekedar menjalankan saja perintah yang diberikan namun ia mampu mengerti konteksnya secara keseluruhan. Makanya, bisa memberi rekomendasi coding yang lebih tepat.   

CodeT5

CodeT5 pun berkualitas ciamik karena memiliki nilai plus berikut ini: 

  • Sudah tidak diragukan spesialisasinya dalam melakukan 3 hal. Pertama, menghasilkan kode dari teks yang dimasukkan. Kedua, menerjemahkan kode bahasa pemrograman yang satu ke bahasa yang lain. Ketiga, meringkas kode. 
  • Generator kode open source yang menjamin membantu developer menciptakan kode yang andal dan bebas bug
  • Kompatibel dengan beraneka ragam bahasa pemrograman semacam Java, Python, dan JavaScript. 
  • Tetap dapat bekerja dalam kondisi online maupun offline

Codiga

Program yang sedang dibuat akan terjaga masalah keamanan serta efisiensinya dengan memakai codiga sebagai tools AI coding. Caranya dengan menyediakan tes kelemahan secara real time dan sistem otomatis untuk memperbaiki masalah.  

Eitss, masih ada kelebihan lainnya yang ia miliki, meliputi: 

  • Pemerika kode secara otomatis yang menawarkan sistem untuk mengubah perintah menjadi kode dengan sangat akurat.
  • Menolong mengembangkan kualitas kode lewat memberikan kritik dan saran pada rangkaian coding yang sedang kamu kerjakan. 
  • Kompatibel dengan berbagai bahasa pemrograman dan platform hosting terkemuka. 

PolyCoder

PolyCoder telah menjadi tools AI coding yang telah melewati serangkaian pelatihan pada 249 GB basis kode dan 12 jenis  bahasa pemrograman.  

Selain itu, ia menawarkan penyaranan kode berbasis AI secara real time untuk mengoptimalkan pengembangan website, machine learning, dan sebagainya. 

Amazon CodeWhisperer

Meski Amazon CodeWhisperer termasuk salah satu tools AI coding gratis namun ia memiliki spesifikasi yang fantastis, loh.  Buktinya adalah sebagai berikut: 

  • Menawarkan sistem untuk merekomendasikan kode yang lebih tepat secara real time.
  • Mengidentifikasi potensi kode-kode open source
  • Mampu memindai kelemahan keamanan dan menyarankan perbaikan dengan pelatihan yang lebih memadai, seperti melalui panduan OWASP.  

AskCodi

Askcodi sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam membuat proses pembuatan coding menjadi sesederhana mungkin. Sebab, Askcodi memiliki panduan dan bantuan dengan kecerdasan tingkat lanjut dalam membantu developer dalam menemukan solusi dan menulis kode dengan lebih efisien. 

FYI, prospeknya semakin menjanjikan karena ia mengakomodasi banyak bahasa pemrograman serta menyediakan penjelasan melalui percakapan di interface

Sayangnya, bisa dibilang pemakaian tools ini tidak leluasa karena ada kuota kredit pemakaiannya. Untuk yang versi free hanya dapat 50 kredit perbulan (1 kredit – 3000 token). Sedangkan untuk versi premium dengan biaya sewa sekitar Rp 150.000,- perbulan memberi 500 kredit. 

Google AI Studio

Google AI studio merupakan IDE berbasi browser yang didesain sedemikian rupa untuk terintegrasi dengan model gemini dalam mengoperasikan fungsinya sebagai tools AI coding

Jika memilih tools ini maka kalian akan menikmati hal-hal di bawah ini: 

  • Kemudahan dan kenyamanan sistem API yang memberi keleluasan untuk developer membuat prototipe dari prompt dan mengubah ide menjadi kode. 
  • Fitur-fitur yang dapat diakses dengan gratis. 

CodeWP

Kalian pecinta platform WordPress? Waow, santuy, karena telah tersedia tools AI coding yang bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam membangun suatu program. 

Sebagai tools yang berhasil meraih posisi ke 11 untuk kategori program pengembangan WordPress tahun 2024, CodeWP menawarkan berbagai macam fitur yang luar biasa, seperti: 

  • Kemudahan pemakaian karena memang developer sudah mendesainnya sedemikian rupa agar ramah pemula. Nah, dengan demikian user bisa mendapat kode program dengan cepat dan mudah.
  • Kompatibilitas dengan segala jenis tema dan plugin WordPress dan ini yang membuatnya menjadi tools yang serba bisa. 
  • Menghasilkan kode untuk berbagai elemen yang ada dalam WordPress, seperti shortcodes, widgets, dan pengaturan fungsi.  
  • Kustomisasi supaya user leluasa mengotak-atik kode sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka. 

Snyk

Sebuah tools AI coding yang benar-benar memaksimalkan potensinya dengan baik melalui program DeepCode AI. Program yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman developer untuk menciptakan produk yang lebih aman. 

FYI, jaminan keamanan dari Snyk ditunjukkan melalui kompetensinya agar dengan cepat mengidentifikasi di mana letak kelemahan program yang telah dibuat. Ditambah lagi dengan terintegrasinya tools ke dalam aplikasi cloud native yang akan membuat proses identifikasi menjadi semakin cepat.

Replit

Keberhasilan Replit tidak lepas dari aspek-aspek berikut ini sehingga masuk dalam rekomendasi: 

  • Gratis dan sudah terintegrasi dengan cloud.
  • Mendukung bermacam-macam bahasa pemrograman, termasuk Python, Java, dan JavaScript. 
  • Kemampuan menyelesaikan perangkaian coding serta pelaksanaan debugging dengan efisien. Dengan begitu, developer dapat bekerja dalam basic kode yang sama secara terus menerus untuk menghasilkan kolaborasi yang benar-benar produktif. 
  • Ramah bagi pemula karena memberi ruang untuk dukungan dari komunitas sebagai wadah berdiskusi. 

Cody AI

Cody dalam menjalankan fungsinya sebagai tools AI coding begitu sempurna dalam menyediakan penjelasan dengan detail, mengembangkan kode snippet, dan identifikasi error.

Dalam hal penggunaannya, user dapat memilih versi gratis atau berbayar. Pada versi gratis, user hanya memperoleh bantuan coding sebanyak 500 kali perbulan dan 20 command untuk basis kode yang kecil.

Sedangkan pada versi berbayarnya, bantuan coding maupun command yang diberikan sudah tidak ada batasan kuotanya lagi. 

Codeium

Codeium menyajikan banyak kode otomatis, pencarian yang efisien, dan chat fungsional yang mendukung lebih dari 70 bahasa pemrograman. Masih ditambah dengan integrasi pada ide-ide yang populer serta menjamin program dapat bekerja dengan cepat.

Cara Kerja AI Coding Tools

AI coding tools menggunakan teknik-teknik kecerdasan buatan seperti machine learning untuk menganalisis pola-pola dalam kode yang ada dan memprediksi solusi. Mereka juga dapat menggunakan natural language processing untuk memahami permintaan pengembang dan memberikan respon yang relevan.

Okay, jadi itulah berbagai AI coding yang bisa kalian gunakan untuk membantu mengerjakan pemrograman yang sedang dikerjakan agar menjadi lebih mudah. Sehingga, kalian tak perlu lagi merasa rempong dengan coding. Jadi, kalian tertarik menggunakan tool AI coding yang mana, nih? 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment